Pages

Ads 468x60px

Friday, October 26, 2012

Membuat Splash Screen (Pesan Pembuka) di Visual Basic 6


Membuat Splash Screen (Pesan Pembuka) di Visual Basic 6.  Memang jika dilihat dari tema, sudah jadul postingan seperti ini. Tapi saya pikir, siapa tahu ini bisa membantu untuk pengunjung yang kebetulan singgah di Blog say ini, DUNIA TUTORIAL DAN PROYEK APLIKASI.

Langsung saja ke materi postingan.

Ketika anda membuka sebuah aplikasi, baik di komputer, di Hp, atau di media elektronik apapun, bahkan di video sekalipun, anda sering melihat pesan pembuka, seperti kata "welcome" atau bahkan "Loading". sekarang anda tidak hanya bisa melihatnya tetapi anda harus bisa membuatnya di Visual Basic. Sebetulnya penerapan di pemrograman lain pun tidak jauh berbeda, konsepnya tetap sama.

Ikuti langkah berikut :


  • Buka program visual basic, buat baru atau buka project yang sudah anda buat.
  • buat lah sebuah form baru dengan memilih Menu File - New Project - standard exe. jika anda sudah membuat project langsung saja dengan memilih add standard exe pada toolbar standard atau memilih Forms - Klik kanan - add form.
  • Setelah tampil form untuk kita disain, silahkan masukan text atau gambar sesuka anda. Gambar bisa berupa background form, gambar di form. Jika belum tahu cara memasukan gambar di form, silahkan baca di sini Cara Mudah Memasukan Gambar di Form Visual Basic 6  . 
  • Simpan satu Komponen Timer di dalam form melalui toolbox. Pastikan enabled Timer berisi True. kira-kira tampilannya seperti di bawah  ini, atau menyesuaikan dengan disain anda :
 

  • Untuk lebih bagus lagi, hilangkan border formnya (minimize, maximize,close). Caranya dengan mengubah BorderStyle  menjadi None pada Form Properties.  
  • Buat satu form lagi (Name : Form2) untuk form menu utama nya (menu tujuan ketika Splash Screen selesai dijalankan) ikuti seperti langkah 2 .
  • Double klik pada komponen Timer1. kemudian ketikkan listing berikut :
FORM2.SHOW
FORM1.HIDE
TIMER1.ENABLED=FALSE
  • Simpan Program dan jalankan 
Semoga bermanfaat, tinggalkan komentar anda ya..:)) keep sharing. 

No comments:

Post a Comment

Followers